#Catatan15Agustus2019 Final Project Kelompok 10 DTS-FGA(Internet of Things)

Assalamualaikum
Selamat malam para digiers!, Hari ini merupakan hari terakhir dari program Fresh Graduate Academy DIGITALENT SCHOLARSHIP yang diadakan oleh kominfo. Pada hari ini kami juga akan mempresentasekan project yang kami(Kelompok 10) buat dalam beberapa hari terakhir ini sebagai tugas akhir dalam kegiatan ini. Project yang kami buat yaitu pendeteksi banjir  menggunakan esp32 dan LoRa.  

Ketika berbicara mengenai sebuah project, tentunya harus memiliki latar belakang. Latar belakang dari project kami yaitu Seringnya teradi bencana banjir yang dapat mengakibatkan adanya korban jiwa ataupul kerugian materil, terlebih lagi jika lingkungan tersebut padat penduduk maka kemungkinan besar kerugian akan semakin besar. Kami berpikir bahwa perlu adanya sistem yang dapat meminimalisir hal tersebut melalui peringatan sedini mungkin agar masyarakat dapat mempersiapkan diri dan mengamankan barang-barang atau harta yang dapat diamankan. Berdasar hal tersebut kelompok kami membuat sebuah alat pendeteksi banjir yang akan memberikan peringatan secara dini kepada masyarakat.

Project kami ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian sensor/detector dan bagian gateway. bagian sensor kami menggunakan sensor ultrasonic untuk mendeteksi ketinggian air dan esp32 serta modul lora sebagai media untuk mengirim data ke gateway. berikut rancang bangun bagian sensor node

Gambar 1 : sensor node

Pada gambar diatas merupakan gambar sensor node, dimana kami memasang alat pada bagian dalam pipa, kemudian sensor ultrasonic menghadap kebawah untuk menghitung ketinggian air, Jaring besi yang kami pasang pada bagian bawah pipa berfungsi untuk air tetap masuk pada bagian rongga bawah pipa sehingga air tetap dapat terdeteksi oleh sensor ultrasonic. Modul lora yang kami pasang merupakan media pengiriman data ke gateway node karena lokasi penyimpanan alat kami berada pada lokasi yang jauh sehingga butuh perangkat yang dapat berkomunikasi pada jarak yang jauh sehingga lora adalah pilihan yang tepat untuk permasalahan tersebut.

Gambar 2 : Prototype Sensor node


Gambar 3 : Prototype gateway node

Bisa dilihat pada gambar 3 yang merupakan gateway node. Gateway berfungsi sebagai jalur komunikasi dengan protokol yang berbeda, dalam hal ini protokol lora berbeda denga protokol yang digunakan untuk ke cloud yaitu protokol MQTT. sehingga perlu ada gateway yang dapat menghubungkan keduanya . Kami menggunakan salah satu layanan cloud yang cukup canggih dan populer yaitu Amazon Web Service. Amazon Web Service menyediakan banyak sekali layanan yang terupdate, salah satunya yaitu AWS IoT Core, dalam layanan ini kita bisa menggunakan sebgain MQTT Client yang dapat mempublish maupun subscribe sebuah topik yang telah di buat sebelumnya pada aws iot core. Berikut contoh data yang masuk pada aws MQTT


Data yang telah masuk tersebut kemudian akan dikelola dan divisualisasikan oleh kelompok 9 dalam bentuk push up notification mobile app.

Mungkin itu deskripsi singkat dari project yang telah kami buat. Besar harapan kami agar project-project yang telah kami (seluruh peserta DTS) buat dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Kami pun tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Intruktur utama kami yaitu Bapak Adnan.S.T.,M.T.,Ph.D yang telah membimbing kami selama proses pelatihan yang berlangsung kurang lebih 2 bulan, Bapak Dr. Eng. Zulkifli Tahir, S.T., M.Sc. dan Bapak Ir. Christoforus Yohannes, M.T. yang juga sebagai instruktur kami selama masa pelatihan. Terima kasih kami juga ucapkan kepada pihak penyelenggara yang telah memberikan kami fasilitas yang dapat menunjang pelatihan-pelatihan kami. Kedepannya semoga kegiatan seperti ini apat dilaksanakan lagi dengan skala yang lebih besar agar SDM dalam pengembangan teknologi lebih banyak lagi.
Sekian 

Wassalamualaikum

*note : bagi teman-teman yang ingin melihat source code untuk project ini silahkan klik disini
**Kelompok 10 : Mukalladin Ulil Akbar dan Bayazid Sustami M N

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESP32 dengan modul LoRa Menggunakan Arduino IDE sending and receive data sensor DHT11

Sandeep Mistry Arduino LoRa Aplication Programming Interface

MENGATUR INTENSITAS CAHAYA LED PADA ESP32